Mengenal IGTV, Fitur Instagram untuk Meningkatkan Omzet Penjualan

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh SimilarWeb, disebutkan bahwa rata-rata audiens menghabiskan waktunya sebanyak 53 menit perhari untuk mengonsumsi konten Instagram.

Hal ini membuat Instagram menjadi salah satu kanal marketing terbesar dengan cakupan jangkauan audiensi yang luas, baik dari segi kelompok umur maupun gender.

Oleh karena itu, penting bagi pebisnis untuk bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada Instagram dalam melakukan strategi marketing, salah satunya dengan IGTV. Fitur yang pertama kali dikenalkan pada bulan Juni tahun 2018 di San Francisco, Amerika Serikat.

Menurut Kevin Systrom, Co-Founder Instagram, disebutkan bahwa fitur IGTV memungkinkan audiensi untuk dapat menonton dan mengunggah video dengan durasi hingga satu jam. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat kanal IGTV series Anda sendiri yang akan ditampilkan pada laman profil Instagram Anda.

Melalui IGTV, Anda dapat menyampaikan cerita tentang bisnis Anda melalui video dengan durasi yang singkat, sekitar 3 sampai 5 menit. Setelah itu, Anda tinggal mengunggahnya di IGTV supaya pengguna bisa menemukannya pada tab Discovery.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan audiensi untuk target pemasaran barang atau jasa. Anda juga dapat mulai mengedukasi audiensi terkait brand yang Anda punya.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan IGTV sebagai alat marketing? Berikut 5 konsep video yang bisa Anda coba.

1. Membuat Video Profil Usaha

Audio visual merupakan salah satu media yang cukup powerful di dunia marketing untuk melakukan promosi produk karena orang-orang lebih suka menonton daripada membaca. Itulah mengapa video berisi profil usaha dapat menarik lebih banyak audiensi dan meningkatkan engagement rate terhadap konten Anda. Cara ini juga bisa dipakai untuk mengenalkan barang dan jasa yang Anda miliki kepada pengguna.

2. Membuat Q&A (Question and Answer) Video

Anda bisa membuat QnA video dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh audiens. Dengan cara ini, Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan audiens, membangun ikatan emosional, dan mendapatkan kepercayaan antara pelaku usaha dengan calon pelanggan. Setelahnya, tentu saja orang-orang tidak akan ragu untuk membeli barang yang Anda tawarkan.

3. Tampilkan Video Testimoni Pelanggan

Dalam penjualan sebuah barang atau jasa, testimoni mempunyai peran penting dalam meyakinkan audiens untuk membeli barang atau menggunakan jasa tersebut. Anda dapat menampilkan testimoni dan ulasan dari pelanggan yang telah berbelanja di tempat Anda dalam sebuah video berdurasi pendek. Dengan melakukan ini, Anda memperlihatkan bahwa Anda sangat memperhatikan dan mengapresiasi audiensi.

4. Membuat Web Series

Web Series adalah video durasi singkat yang terdiri dari beberapa episode untuk satu jalan cerita. Video jenis ini dapat membuat audiensi merasa penasaran dan menantikan episode selanjutnya. Jika dieksekusi dengan apik, web series dapat menjadi media marketing yang powerful dalam mengikat audiensi Anda melalui emosi dan rasa penasaran.

5. Membuat Video Behind the Scenes

Banyak jenis video yang dapat dibuat untuk dapat mengundang interaksi audiensi. Salah satunya adalah video behind the scenes, video yang berisi tentang bagaimana proses produksi dari sebuah barang atau jasa. Lalu, interaksi antara Anda dan audiensi akan mudah terbentuk dengan sendirinya, salah satunya adalah ketika audiensi meninggalkan komentar atau membagikan video yang Anda buat.

Dari pembahasan diatas, bisa disimpulkan bahwa IGTV bisa menjadi alat marketing yang sangat efektif dalam membangun loyal customer dan memperluas jangkauan audiens. Dengan konten video yang kreatif dan menarik, audiensi Anda akan terus bertambah dan tentu dapat meningkatkan angka penjualan.

admin-dsc