Perlukah Membuat E-mail Menggunakan Domain Perusahaan?

Bagaimana respon Anda saat menerima email penawaran sebuah produk dari seseorang yang menggunakan domain email personal seperti namaperusahaan@gmail.com?

Tentunya akan timbul pertanyaan dan keraguan di kepala Anda. Bahkan bisa jadi Anda menganggap bahwa email tersebut adalah email spam atau penipuan yang harus diabaikan.

Kesan tersebut pasti berbeda ketika Anda menerima email penawaran dari seseorang yang menggunakan domain email perusahaan seperti admin@namaperusahaan.com. Selain menambah kredibilitas, penggunaan alamat email dengan domain perusahaan memiliki beberapa manfaat lain, yaitu:

1. Memberikan kesan profesional dari awal.

Dalam berbisnis, profesionalitas sangatlah diperlukan karena hal ini dapat membangun kepercayaan klien, membangun reputasi perusahaan, dan meningkatkan transaksi. Salah satu cara untuk terlihat profesional adalah dengan mempunyai alamat email yang menggunakan domain perusahaan, contohnya nama@namaperusahaan.com atau admin@bisnissaya.com.

Ketika seseorang membaca email bisnis yang Anda kirimkan, kesan pertama yang terbentuk adalah pengirim email ini adalah seorang yang profesional dengan perusahaan yang kredibel. Secara tidak langsung, anda juga mengenalkan diri anda secara singkat, nama dan tempat anda bekerja kepada penerima email yang Anda kirimkan. Sehingga, orang tersebut tidak bertanya-tanya dan curiga dengan identitas pengirim email.

2. Meningkatkan brand awareness terhadap perusahaan.

Penggunaan email dengan domain perusahaan juga merupakan upaya dalam meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. Contohnya, jika anda mengirimkan 50 email penawaran produk perusahaan dengan menggunakan email berdomain nama perusahaan anda, otomatis ada 50 orang yang mengetahui tentang perusahaan anda.

Bisa saja di antara 50 orang tersebut ada beberapa orang yang menceritakan perusahaan Anda kepada kolega atau teman-temannya, sehingga nama perusahaan anda bisa dikenal lebih luas.

3. Mudah melakukan kontrol

Dengan mempunyai domain sendiri, perusahaan mempunyai privilege lebih dalam melakukan kontrol informasi terhadap setiap email yang masuk dan keluar. Dengan ini, perusahaan dengan mudah melakukan kontroling terhadap isi email dan juga akun email setiap karyawan yang anda. Ini akan memudahkan perusahaan untuk melacak jika suatu saat terjadi penyalahgunaan email perusahaan sehingga dapat langsung ditangani oleh perusahaan.

Nah, setelah membaca artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa email yang menggunakan domain nama perusahaan mempunyai peran penting dalam membangun citra profesional dan terpercaya baik secara individu dan perusahaan.

Setiap perusahaan sudah seharusnya mempunyai domain dengan menggunakan nama perusahaan sendiri. Hal ini dapat membantu klien dalam membedakan email perusahaan dengan email lainnya yang masuk.

Walaupun terlihat sepele, nyatanya hal ini mempunyai peran yang cukup penting untuk memperlihatkan bahwa perusahaan Anda dapat dipercaya dan profesional.

Jika saat ini Anda masih menggunakan domain gratisan dalam melakukan transaksi bisnis, ada baiknya Anda segera membuat email bisnis Anda sendiri menggunakan domain nama perusahaan.

Tujuannya, supaya email bisnis yang Anda kirimkan setelah ini tidak lagi terdeteksi sebagai spam atau berakhir di tong sampah tidak terbaca.

Bagaimana cara membuat email dengan domain perusahaan? Kamu bisa tanya-tanya ke Customer Service di sini. Nantinya, mereka bakal membantumu membuatkan email dengan domain perusahaan, kok.

admin-dsc