Mengenal Pengertian Sosial Media

Sosial media adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan platform online atau website yang memfasilitasi pengguna (user) untuk dapat saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya, membangun sebuah jaringan pertemanan atau bisnis, dan membagikan berbagai macam informasi. 

Saat ini, hampir semua orang menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari berkomunikasi dengan teman hingga berbelanja. Sosial media memberikan kesempatan untuk dapat terkoneksi dengan orang-orang baru di belahan dunia lainnya, terlepas dari jarak, waktu dan bahasa yang digunakan. 

Sosial media juga memungkinkan seseorang untuk dapat bertemu dengan orang baru yang mempunyai kesamaan hobi atau pemikiran, sehingga dapat terjalin interaksi dengan saling berkirim pesan, memberikan likes terhadap postingan, bahkan melakukan video call.

Beberapa contoh sosial media yang banyak digunakan saat ini:

1. Facebook

Facebook merupakan salah satu platform sosial media yang cukup terkenal dan masih digunakan oleh banyak orang. Facebook berfungsi sebagai sosial media pribadi, dimana pengguna dapat membagikan informasi terkait dirinya melalui laman akun pribadinya, seperti berbagi gambar yang mereka sukai, menyuarakan pendapat mereka, atau sekadar menyapa teman-teman onlinenya. 

Facebook menyediakan berbagai macam fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti story, chat dan panggilan video. Selain untuk berkomunikasi dengan pengguna lain, Facebook juga dapat digunakan untuk berbisnis, lho. Anda bisa mulai dengan membuat halaman fanspage, mengunggah katalog produk yang dimiliki, dan mengiklankan produk tersebut melalui Facebook Ads. 

2. Instagram

Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang mengedepankan tampilan visual seperti foto atau video. Oleh karena itu, platform ini dapat dikatakan sebagai album foto daring, dimana pengguna dapat mempublikasikan berbagai macam gambar atau foto yang disukai di laman akun Instagram pribadinya. 

Instagram cukup populer dikalangan anak muda karena fiturnya yang menonjolkan visual dan memberikan kebebasan bagi pengguna untuk dapat lebih kreatif dalam membuat konten visual seperti foto atau video. Selain itu, banyak juga yang menjadikan Instagram sebagai salah satu alat untuk menghasilkan uang salah satunya melalui endorsement.

3. Twitter

Sosial media dengan lambang burung berwarna biru ini merupakan salah satu platform yang terkenal dengan penyebaran informasinya yang cepat. Mempunyai desain interface dan fitur yang cukup simple menjadikan Twitter sebagai salah satu sosial media yang tepat untuk microblogging.

4. LinkedIN

LinkedIN adalah platform sosial media yang dikhususkan untuk para profesional dalam membangun jaringan pertemanan secara profesional. Tidak hanya itu, LinkedIN juga memungkinkan pengguna untuk mengunggah postingan dan berkomunikasi dengan perusahaan untuk mendapatkan kesempatan kerja di perusahaan tersebut.

5. Tiktok

Salah satu sosial media yang saat ini cukup ramai digunakan adalah TikTok. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk membuat dan mengedit video dengan menambahkan tulisan, lagu dan efek. TikTok cukup digandrungi oleh generasi muda saat ini karena konten yang dibuat bisa membuat pengguna tersebut cepat terkenal di sosial media. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjadi artis sosial media.

Dengan beragamnya sosial media yang ada saat ini, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Baik itu untuk membangun relasi, menjadi influencer, atau memulai sebuah bisnis online sederhana. 

Selain itu, sosial media juga dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha sebagai media berkomunikasi dengan pelanggan. Mereka dapat menyampaikan impresi maupun pendapatnya secara langsung, cepat, dan murah, tanpa harus membuang waktu untuk menghubungi customer service terlebih dahulu.

admin-dsc