Cara Optimasi SEO On-Page pada Website

SEO On-Page adalah salah satu teknik dalam melakukan optimasi website agar website berada pada halaman pertama mesin pencari. Selain itu, SEO On-Page berguna untuk meningkatkan trafik kunjungan secara organik. Pada praktiknya, SEO On-Page terkait pada optimasi secara teknikal dan konten.

Menurut penjelasan dari Google, sistem peringkat yang mereka miliki telah dirancang untuk menyortir lebih dari 100 juta website pada database Google Search Index. 

Tujuannya, untuk menemukan website yang paling relevan dalam beberapa detik saja sebelum menampilkannya kepada pengguna. Sistem ini menggunakan kumpulan dari berbagai algoritma yang sudah dikembangkan secara mutakhir. 

Untuk dapat memberikan informasi terkait, algoritma pencari ini memperhatikan banyak faktor, seperti kata kunci pencarian yang digunakan, mudahnya penggunaan website, sumber konten, dan lokasi dari server website tersebut. 

Sebagai contoh, jika kata kunci pencarian adalah “berita”, maka google akan menampilkan artikel tentang berita, bukan menampilkan definisi “berita” berdasarkan kamus.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin menerapkan SEO On-Page?

Optimasi di bagian Teknikal

1. Page Loading Speed

Anda tentu kesal jika harus membuka laman website yang memakan waktu lebih lama untuk menampilkan konten yang dicari, bukan? Nah, hal ini menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan oleh mesin pencari dalam memberi peringkat website-website yang ada. 

Semakin cepat sebuah website menampilkan konten, maka semakin besar nilai mereka di mata Google. Dalam hal ini, pemilihan server hosting website menjadi sangat krusial.

2. Responsive website

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang melakukan pencarian melalui smartphone yang mereka miliki. Untuk mendukung hal ini, responsive website menjadi sebuah keharusan dimana tampilan website dapat menyesuaikan dengan ukuran layar device yang digunakan. Hal ini tentunya dapat membuat pengunjung nyaman dan berlama-lama mengunjungi website kita.

3. Searching keywords

Apakah Anda tahu bahwa link pada website dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan? Jika Anda menggunakan link yang otomatis dikonversi oleh website, kemungkinan link tersebut tidak akan mengandung informasi terkait konten. 

Contohnya, penggunaan link seperti https://disconfis.com/pengertian-seo akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dibandingkan dengan https://disconfis.com/1122 

Oleh karena itu, atur link setiap halaman website Anda supaya hasilnya lebih optimal.

4. Meta Tags dan Meta Description

Dua hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi mempunyai peran penting dalam optimasi website. Dua tag ini merupakan tag yang ditampilkan pada laman pencarian. Dengan memberikan meta tags yang sesuai dan menuliskan meta description yang terkait dengan kata kunci pencarian, maka Anda dapat mencuri perhatian pengguna untuk mengunjungi laman website.

Optimasi pada Konten

1. Membuat konten yang berkualitas

Mesin pencari tidak lagi menampilkan laman website dengan konten yang hanya mengandung kata kunci pencarian tanpa ada penjelasan lebih lanjut terkait hal tersebut. 

Konten yang berkualitas adalah konten yang orisinil dan mempunyai referensi terpercaya. Membuat konten yang berkualitas harus menjadi prioritas utama pemilik website dalam menerapkan SEO On-Page.

2. Gunakan kata kunci pencarian yang tepat sasaran dan populer

Seiring dengan berkembangnya algoritma mesin pencari, saat ini mesin pencari tidak lagi sekadar mencari konten berdasarkan kata kunci pencarian saja, tetapi mesin pencari sudah mulai mengerti apa yang dimaksud oleh pengguna. Mesin pencari mempunyai kemampuan dalam menafsirkan kata kunci yang ada, sehingga menampilkan hasil pencarian yang relevan, walaupun tidak menggunakan kata kunci yang sama persis.

3. Struktur penulisan

Dalam pembuatan dan penulisan konten, salah satu yang harus diperhatikan adalah struktur penulisan. Struktur penulisan bentuk paragraf, penggunaan bullet and numbering, heading tag, dan penggunaan style huruf (bold, italic) juga memengaruhi kualitas sebuah konten. Penggunaan struktur penulisan yang baik dapat membuat konten lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

4. Optimasi penggunaan gambar

Dalam pembuatan konten, penggunaan gambar juga sangat penting. Dengan menambahkan gambar, konten tersebut akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. 

Gambar juga bisa menyampaikan isi dari konten dengan lebih baik secara visual. Selain itu, dengan memasukkan gambar di dalam konten, Anda dapat memperluas area dan jaringan mesin pencari karena gambar pada website dapat terdaftar di dalam indeks Google Image Search.

Sebenarnya masih ada banyak hal lain yang bisa digunakan untuk menerapkan SEO On-Page. Tetapi, faktor-faktor yang disebutkan diatas merupakan faktor penting di awal kita menerapkan SEO On-Page.

Kalau Anda masih kebingungan dalam menerapkan SEO, Anda dapat menggunakan jasa kami untuk membantu penerapan SEO On-Page pada website Anda. Untuk melakukan pemesanan, silahkan hubungi melalui WhatsApp ke nomor 085755219604.

admin-dsc