Beriklan Lebih Mudah dengan Smart Campaigns dari Google Ads

Iklan merupakan salah satu dari metode promosi yang banyak digunakan untuk meningkatkan penjualan usaha. Saat ini, iklan tidak hanya ditampilkan pada poster, billboard atau televisi, tetapi juga dapat ditampilkan pada website, media sosial, video streaming, dan laman pencarian Google.

Diantara sekian banyak penyedia penyedia layanan iklan daring, ada Google dengan produknya yang dinamakan Google Ads. Layanan ini bertujuan untuk membantu kegiatan promosi, meningkatkan angka penjualan, meningkatkan trafik kunjungan website, dan meningkatkan brand awareness suatu bisnis.

Dengan Google Ads, Anda mempunyai kebebasan dalam mengelola target iklan, jangkauan area, jangkauan calon pelanggan, dan jadwal tayang. Selain itu, Anda juga dapat memilih 3 jenis layanan iklan dari Google Ads, seperti Search Network Campaigns, Display Network Campaigns, dan Video Campaigns sesuai dengan .

Apa perbedaan ketiga jenis layanan tersebut?

  • Search Network Campaigns, iklan Anda akan ditampilkan dalam bentuk teks dan diletakkan pada baris paling atas laman pencarian Google.
  • Display Network Campaigns, iklan Anda akan muncul dalam bentuk gambar yang ditampilkan pada website yang dikunjungi oleh calon pelanggan.
  • Video Campaigns, iklan akan ditampilkan melalui video dengan durasi 5-15 detik.

Namun, bagaimana jika Anda adalah pengusaha UMKM yang cukup sibuk dan tidak mempunyai budget tinggi untuk dapat membuat konten iklan yang sesuai?

Tak perlu khawatir, Google Ads mengeluarkan layanan iklan yang ditujukan untuk para pengusaha UMKM bernama Smart Campaigns.

Smart Campaigns adalah layanan pembuatan iklan secara otomatis, mudah, cepat, dan terjangkau. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa tetap bisa fokus mengurus bisnis karena iklan Anda akan dijalankan oleh Google.

Untuk memudahkan proses iklan Anda, Smart Campaigns memiliki 6 fitur, yaitu:

  1. Campaign Overview
    Fitur ini dapat membantu Anda dalam melakukan analisis terhadap performa iklan yang telah dibuat. Anda akan mendapatkan laporan berupa insight yang telah diolah oleh Google.
  2. Critical Account Alerts
    Ini adalah notifikasi dari Google yang mengingatkan tentang campaign iklan, pembayaran, dan informasi penting lainnya.
  3. Verified Calls
    Fitur ini menampilkan berapa banyak jumlah panggilan dan jumlah klik yang Anda terima dari campaign iklan.
  4. Map Action
    Anda dapat melihat jumlah orang yang melihat iklan Anda dan mengklik pin lokasi usaha Anda di Google Maps.
  5. Google Analytics
    Fitur ini akan mengukur apakah website Anda sudah sesuai dengan ekspektasi bisnis.
  6. Ad Scheduling
    Dengan fitur ini, Anda dapat menjadwalkan waktu tayang iklan sesuai keinginan.

Secara keseluruhan, Smart Campaigns dirancang untuk dapat menjalankan iklan secara otomatis dengan mudah dan cepat. Pengguna hanya perlu mengisi data yang diminta, setelah itu iklan Anda siap ditampilkan dalam kurun waktu 15 menit.

Mudah, bukan? Oleh karena itu, bagi Anda yang cukup sibuk mengurus bisnis dan tidak mempunyai banyak waktu dalam mengelola iklan, bisa mencoba menggunakan Smart Campaigns dari Google Ads ini.

admin-dsc