3 Manfaat Penggunaan Backlink pada Bisnis Online Anda

Pernahkah Anda mendengar istilah backlink dan mengetahui manfaatnya untuk bisnis online Anda? Jika Anda memiliki website atau toko online, tentunya tidak asing saat mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization), bukan?

Nah, backlink ini merupakan salah satu bagian dari SEO untuk melakukan optimasi website dan konten yang Anda buat.

Pengertian Backlink

Backlink adalah tautan atau link yang terdapat pada sebuah konten website yang merujuk kepada website yang Anda miliki. Backlink juga dikenal dengan nama incoming link atau inbound link.

Penggunaan backlink yang tepat dapat meningkatkan trafik dan membuat pengunjung untuk mengunjungi laman website bisnis Anda.

Selain itu, jika jumlah backlink yang merujuk kepada website Anda cukup banyak, maka mesin Google akan menyimpulkan bahwa website Anda merupakan website dengan konten yang kredibel dan berkualitas.

Dengan begitu, kemungkinan website Anda akan ditampilkan pada laman pertama mesin pencarian sangatlah besar.

Manfaat Lain dari Backlink

Backlink memiliki beberapa manfaat lain bagi perkembangan bisnis online Anda, antara lain:

1. Meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen

Mendapatkan kepercayaan konsumen merupakan tantangan dan poin penting yang harus Anda miliki. Calon pembeli saat ini sudah terbiasa untuk mencari informasi terlebih sebelum benar-benar melakukan sebuah transaksi bisnis. Salah satu kanal infomasi yang biasanya didatangi adalah laman website dari bisnis yang dituju.

Jika Anda dapat memanfaatkan penggunaan backlink dengan baik sehingga mesin pencari mendeteksi website yang Anda miliki sebagai website yang kredibel, hal ini dapat menjadi salah satu faktor yang membuat calon pembeli percaya bahwa bisnis online yang Anda miliki adalah bisnis yang kredibel.

2. Mendatangkan trafik organik

Trafik organik merupakan salah satu faktor yang sangat penting agar bisnis online Anda dapat berkembang. Trafik yang dibangun secara organik cenderung mempunyai jumlah pengunjung website yang tetap atau bahkan meningkat seiring waktu. Artinya, calon klien akan terus ada dan bertambah.

Peningkatan trafik ini dapat dilakukan dengan meminta pengunjung untuk membagikan link konten yang ada melalui sosial media yang mereka miliki. Hal ini juga merupakan salah satu metode backlink sederhana.

Bayangkan saja, jika ada satu orang yang membagikan satu backlink konten website yang Anda miliki kepada 10 orang temannya, maka Anda akan mempunyai 10 orang potential visitor atau calon pembeli.

3. Branding

Dengan memanfaatkan penggunaan backlink yang baik dan cukup masif, hal ini dapat membuat brand bisnis Anda akan mulai dikenal oleh lebih banyak orang. Setiap kali ada pengunjung website yang datang karena mengklik backlink yang ada, mereka dapat melihat informasi terkait bisnis Anda melalui konten-konten yang tersaji pada website.

Meski Anda tidak pernah tahu jumlah orang yang membagikan link konten pada website Anda secara spesifik, hal ini dapat membantu Anda dalam melakukan branding campaign kepada publik. Dengan banyaknya orang yang mengetahui tentang bisnis Anda, maka kemungkinan bertambahnya klien dan sustainability bisnis yang Anda miliki akan terjaga dalam waktu lama.

Penerapan backlink yang baik akan sangat berpengaruh terhadap penjualan dan ketahanan sebuah bisnis. Selain itu, keberadaan backlink bisa menjadi sebuah strategi pemasaran digital yang baik jika dapat dieksekusi dengan professional.

admin-dsc