Mengenal 5 Jenis Digital Marketing

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, digital marketing merupakan salah satu teknik pemasaran atau pengenalan bisnis menggunakan media digital.

Dalam menjalankan digital marketing, ada 5 jenis digital marketing yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan pilihan pada salah satu jenis tersebut.

Apa saja kelima jenis digital marketing yang ada?

1. Content Marketing

Content Marketing merupakan salah satu teknik yang dapat dijalankan tanpa biaya sama sekali. Cara melakukan content marketing adalah membuat konten yang bertujuan untuk mengedukasi atau memberi informasi kepada pengunjung.

Konten yang ditawarkan bisa berupa tips, pengetahuan umum, atau cara penggunaan terkait produk yang ditawarkan. Anda dapat membuatnya dalam bentuk tulisan, suara, atau video. Nantinya Anda dapat menyisipkan produk Anda di akhir untuk memancing pengunjung untuk melakukan pembelian produk tersebut.

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu teknik pemasaran yang menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing untuk mengenalkan bisnis Anda. Dengan penerapan SEO yang tepat, Anda dapat membuat peringkat website Anda berada di halaman pertama pada mesin pencari ketika ada pengguna yang mengetikkan kata kunci tertentu. Dengan berada di halaman pertama, peluang website Anda dikunjungi oleh pelanggan juga akan semakin besar.

3. Email Marketing

Setelah Anda mendapatkan data email pengunjung atau pembeli, Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan email marketing. Dengan email marketing, Anda dapat memberikan penawaran terkait produk Anda ke email mereka. Dengan begitu, pelanggan Anda akan tetap terhubung melalui email yang Anda kirimkan dan sewaktu-waktu dapat kembali melakukan transaksi atau sekadar mengunjungi website Anda.

4. Pay Per Click (PPC)
Teknik digital marketing selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah PPC. Dengan PPC, penyedia jasa iklan akan memasang iklan di berbagai media. Nantinya Anda akan dikenakan biaya setiap ada pengguna yang klik iklan Anda. Salah satu PPC yang populer digunakan adalah Google AdWords.

5. Social Media Marketing

Selain SEO, social media marketing cukup sering kami bahas. Anda dapat memanfaatkan Facebook atau Instagram Ads untuk mengenalkan bisnis Anda kepada pengguna media sosial tersebut. Selain menggunakan Facebook dan Instagram Ads, anda juga dapat menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk Anda.

Supaya hasilnya efektif, pemilihan lima jenis digital marketing di atas harus diimbangi dengan riset dan pengetahuan yang mendalam. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya untuk salah satu jenis digital marketing tanpa riset terlebih dahulu, karena hal tersebut bsia menyebabkan kerugian untuk bisnis Anda.


admin-dsc