Cara Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik

Baik konten yang ada di website, media sosial, atau situs layanan berbagi video, keberadaan konten yang berkualitas dan menarik merupakan kunci penting keberlangsungan bisnismu. Bagaimana Anda bisa mendapatkan pembeli baru kalau Anda tidak mampu membuat mereka tertarik?

Apabila Anda sedang bingung atau masih belum mengetahui cara membuat konten yang berkualitas dan menarik, ada 5 tips yang bisa Anda terapkan saat ini juga. Seperti apa?

1. Riset konten dari pesaing yang Anda anggap menarik

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah belajar dari kompetitor. Cari tahu konten seperti apa yang mereka produksi dan yang disukai oleh banyak orang. Dengan mempelajari konten dari beberapa pesaing, Anda akan dapat menemukan pola tentang jenis dan kategori konten yang bisa dibuat.

2. Buat daftar ide konten

Setiap menemukan ide baru, langsung tuliskan ke dalam daftar ide konten. Entah ide tersebut nantinya akan digunakan atau tidak, yang penting Anda harus memiliki daftar ide konten yang siap untuk dieksekusi. Pastikan Anda meletakkan ide konten di satu tempat dan tandai ide yang sudah dieksekusi.

3. Jangan terpaku pada satu format

Ketika Anda berhasil membuat satu konten yang menarik, jangan terpaku terlalu lama dengan format yang sama supaya pengunjung tidak bosan. Anda dapat mengkombinasikan berbagai format yang ada supaya ada variasi dan memberikan warna baru di media yang Anda gunakan. Misal, selama seminggu Anda telah membuat konten dengan format carousel, untuk minggu depan dapat mengubahnya menjadi format video pendek atau GIF.

4. Pilih niche dan fokus pada niche tersebut

Pada saat membuat konten, usahakan Anda memfokuskan diri pada satu niche atau menjadi spesialis. Jangan terlalu general supaya konten Anda memiliki karakteristik yang tidak dimiliki kompetitor Anda. Contohnya, apabila Anda sedang menggeluti tipografi, Anda dapat fokus pada tipografi yang berisi quote motivasi. Jangan melebar ke quote lucu atau tipografi random lainnya.

5. Konsisten

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda harus konsisten membuat konten setiap hari dan jangan sampai terputus supaya hasilnya dapat terlihat lebih cepat.

Membuat konten yang berkualitas dan menarik memang tidak mudah, tapi apabila kamu menerapkan kelima cara di atas dengan benar, maka kamu bisa menghasilkan konten yang mampu menarik pengunjung lebih banyak lagi. Selamat mencoba!

admin-dsc