Apa Peran Domain dan Hosting Dalam Website?

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana suatu website terbentuk? Dari mana alamat atau link mereka berasal? Atau seperti apa penyimpanan data dalam sebuah website?

Bayangkan sebuah website layaknya sebuah rumah. Rumah dibangun di atas tanah dan memiliki alamat rumah masing-masing. Begitu halnya dengan website. Website juga dibangun di sebuah lahan dan memiliki alamat website. Dalam website, lahan inilah yang dinamakan dengan hosting dan alamat website ini yang dinamakan dengan domain.

Sebelum membangun sebuah rumah (website), kamu harus sudah menentukan lokasi atau alamat (domain) dari rumahmu. Nantinya di lokasi tersebut akan ada sebuah lahan (hosting) yang dapat kamu singgahi. Nah, di lokasi ini kamu bebas membangun rumah (website) yang kamu inginkan.

Hal yang perlu diperhatikan mengenai pemilihan domain dan hosting

Dalam memilih alamat rumah, mana yang lebih Anda sukai, alamat yang mudah diingat dan diucapkan atau alamat yang rumit dan susah dihafal?

Nah, jadikan jawabanmu ini sebagai acuan dalam memilih domain website. Semakin mudah alamat websitemu dihafal, maka websitemu akan semakin mudah dikenal oleh orang lain.

Pertanyaan selanjutnya, mana yang lebih kamu sukai, rumah dengan lahan yang sempit sehingga tidak bisa menampung banyak barang dan orang atau rumah dengan lahan yang luas sehingga bisa menampung banyak barang dan orang?

Sama seperti sebelumnya, jadikan jawaban ini sebagai patokan saat memilih hosting. Semakin besar kapasitas suatu hosting, maka semakin banyak data yang bisa ditampung dan pengunjung yang bisa mengakses halaman websitemu.

Kalau kamu kebingungan dengan spesifikasi yang harus diutamakan dalam memilih domain dan hosting, mungkin bisa mencoba mengunjungi situs penyedia jasa layanan domain dan hosting ini. Di situs tersebut, kamu dapat melihat perbandingan masing-masing spesifikasi dan melakukan konsultasi mengenai domain dan hosting apa yang cocok untukmu.

admin-dsc