Mengenal Perbedaan Product Design dan UX Design

Untuk produk-produk digital seperti aplikasi mobile, website, atau game, perbedaan antara product design dengan UX design mungkin tidak terlalu signifikan. Bisa dibilang kedua hal tersebut serupa tapi tak sama.

Supaya bisa mengetahui lebih jelas perbedaan antara kedua hal tersebut, Anda bisa menyimak pendapat para ahli dari beberapa perusahaan teknologi papan atas seperti Facebook, Adobe, Google, atau Microsoft.

Menurut Gülay Birand, UX Lead dan Product Design Manager di Facebook yang pernah bekerja di Google, kedua hal tersebut sama-sama bertujuan untuk menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi para pengguna saat mereka menggunakan produk tersebut. Bedanya, product design lebih general dan lebih fokus secara holistik pada lifecycle pengembangan produk.

Hampir senada dengan pendapat Birand, Andi GalpernStrategic Development Manager di Adobe XD, mengatakan bahwa product design merupakan subset keseluruhan proses user experience dari awal sampai akhir. Product designers membuat software yang dapat digunakan oleh end user. Sedangkan UX Designer lebih menekankan pada cara interaksi pelanggan saat menggunakan produk Anda.

Sedangkan Robert HymanProduct Designer di Microsoft, mengatakan bahwa product design dilakukan pada awal proyek. Mereka mencari pandangan, visi, dan rencana awal sebelum wireframe pertama dimulai. Setelah semua hal tersebut dilakukan, baru masuk ke berbagai proses seperti drafting, info architecture, UX, UI, motion design, produksi, dan quality assurane berdasarkan rancangan dari product designer. Jadi bisa dikatakan UX design merupakan bagian dari product design.

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan dari product design dan UX design? Kalau kamu mempunyai pandangan lain soal kedua hal tersebut, jangan sungkan-sungkan bagikan pengetahuanmu di kolom komentar.

admin-dsc