Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

Kalau Anda baru berkecimpung di dunia digital, pasti sering mendengar kata SEO atau Search Engine Optimization. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan SEO? Mengapa banyak yang menggunakan SEO? Apa keuntungan dari SEO?

Pastinya Anda memiliki banyak pertanyaan terkait dengan SEO, oleh karena itu kami akan mencoba menjelaskan pengertian, kegunaan, cara kerja, dan jenis-jenis SEO.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO adalah salah satu cara untuk meningkatkan traffic pada website Anda. Dengan menggunakan SEO, Anda bisa mendapatkan peringkat pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing.

Kegunaan SEO

Semakin tinggi peringkat website Anda, maka semakin besar peluang pengunjung yang akan mendatangi website Anda, dibandingkan dengan website kompetitor. Oleh karena itu, optimasi SEO pada website adalah salah satu hal yang harus dilakukan apabila Anda ingin mendatangkan banyak pengunjung ke website Anda.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness apabila situs website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang mencari informasi pada mesin pencari, dan sebagian besar mereka tidak akan repot-repot mencari di halaman kedua, ketiga, atau seterusnya. Oleh karena itu, situs yang berhasil muncul di halaman pertama akan lebih dikenal oleh pengunjung.

Cara Kerja SEO

Sebenarnya tidak ada informasi yang benar-benar valid mengenai cara kerja dari SEO. Hal ini disebabkan karena Google sering melakukan pembaruan algoritma sehingga cara kerja dari SEO tidak dapat diketahui secara pasti. Namun, masih ada beberapa indikator yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk menghasilkan nilai SEO yang baik.

Struktur URL

Struktur URL yang jelas dapat membantu mesin pencari mengidentifikasi konten dari website Anda. Sebisa mungkin hindari URL yang berisi angka dan tanggal saja. Anda dapat melakukan pengaturan URL ini di CMS yang Anda pakai. Usahakan URL yang Anda pakai mengandung penjelasan seperti ini

disconfis.com/2019/08/22/5-cara-membuat-iklan-online-yang-efektif/

Struktur konten

Meski tujuan Anda adalah mendapatkan nilai tinggi dari mesin pencari, jangan lupakan tujuan utama dari pembuatan konten. Yaitu ingin menarik minat pembaca supaya mereka betah berlama-lama membaca konten Anda.

Hal ini disebabkan karena durasi pembaca berada di suatu website dapat mempengaruhi penilaian dari mesin pencari. Semakin lama mereka menghabiskan waktu di website Anda, maka hasilnya akan semakin baik.

Meta Tags

Karena mesin pencari tidak dapat membaca isi dari konten seperti manusia, jadi mereka memerlukan indikator tambahan berupa meta tags untuk membantu memahami isi konten Anda. Umumnya meta tags ini terdiri dari title tag dan meta description.

Title tag adalah judul artikel yang nantinya akan muncul di hasil pencarian, sedangkan meta description adalah deskripsi singkat yang berisi rangkuman dari konten yang Anda tulis. Panjang dari meta description ini biasanya sampai 130 karakter.

Backlink

Backlink adalah link dari luar yang mengarah ke website Anda. Semakin banyak orang yang mengutip konten dari website Anda, maka tingkat kredibilitas di mata mesin pencari akan semakin tinggi.

Makanya nggak heran Anda akan menemukan tukar backlink atau bahkan jual beli backlink di beberapa tempat. Soalnya backlink ini masih dianggap sebagai salah satu indikator yang bisa mempengaruhi nilai SEO.

Kecepatan website

Ada yang mengatakan bahwa semakin cepat website Anda diakses oleh pengguna, maka nilai SEO akan semakin tinggi. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, karena kecepatan website juga bisa mempengaruhi perilaku pengunjung.

Apabila website Anda terlalu lama diakses, maka pengunjung bisa saja langsung menutup website tanpa sempat membaca konten. Hal ini dapat mempengaruhi penilaian seperti yang dijelaskan pada poin kedua. Selain itu, sejak tahun 2018 kemarin, Google sudah menetapkan kecepatan loading website sebagai salah satu indikator utama SEO.

Mempelajari SEO sebenarnya tidak sulit, namun untuk melihat hasilnya butuh waktu yang cukup lama. Biasanya hasil dari SEO baru akan terlihat setelah 2-3 bulan. Apabila Anda mencari solusi yang hasilnya lebih cepat, mungkin bisa mempertimbangkan untuk memasang iklan di Google AdWords supaya bisa langsung muncul di halaman pertama.

admin-dsc