5 Cara Membuat Iklan Online yang Efektif

Akhir-akhir ini, mulai banyak pemilik usaha yang memilih untuk beralih dari iklan konvensional ke iklan digital dalam memasarkan produk mereka. Ada beberapa pertimbangan seperti biaya yang lebih terjangkau, proses pengiklanan yang praktis, dan pemantauan performa iklan secara real-time.

Meski demikian, membuat iklan online yang efektif tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuat iklan online.

1. Lakukan Beberapa Eksperimen 

Iklan terdiri dari kombinasi antara gambar, teks, warna, dan komposisi layout. Perbedaan warna, pemilihan font, atau peletakan objek dapat berpengaruh pada jumlah konversi. Oleh karena itu, jangan langsung mempromosikan desain iklan yang pertama kali Anda buat, coba lakukan mix and match antar keempat komponen tersebut dan pilih yang performanya paling memuaskan.

2. Pilih Jenis Iklan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tiap jenis iklan mempunyai fungsionalitas yang berbeda. Ada yang berfungsi untuk memperkuat branding, meningkatkan interaksi dengan pengguna, mengarahkan ke toko online, mempromosikan berdasarkan lokasi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jangan menggunakan desain yang sama untuk jenis iklan yang berbeda.

3. Buat Call to Action (CTA) yang Jelas dan Tidak Membingungkan

Setiap iklan yang Anda buat harus disertai dengan CTA yang jelas dan tidak membingungkan. Apa yang Anda inginkan setelah pengguna melihat iklan Anda? Melihat lokasi, telepon, email, chat, atau mengunjungi link yang tertera?

Kesalahan yang umum dilakukan adalah pemilihan CTA yang kurang tepat. Contohnya, apabila iklan Anda ditujukan untuk anak muda, hindari CTA telepon, SMS, atau email. Gunakan CTA berupa link yang mengarah ke Instant Messenger seperti Whatsapp atau LINE karena banyak anak muda yang menggunakan dua aplikasi tersebut.

4. Pastikan Platform Anda Mobile-Friendly

Apabila Anda memasukkan CTA yang mengarahkan pengguna ke suatu halaman web, pastikan web tersebut mobile-friendly. Yang dimaksud mobile-friendly di sini adalah kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses situs web melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

Dilansir dari Small Biz Trends, pengguna lebih cenderung menggunakan perangkat mobile daripada laptop atau PC pada saat menjelajah internet. Oleh karena itu, pastikan situs web Anda mobile-friendly sebelum menyertakan CTA.

5. Biasakan Mengapa, Bukan Apa

Dalam membuat copywriting untuk iklan online, selalu biasakan menggunakan mengapa, bukan apa. Maksudnya, jangan menulis apa yang Anda jual dan kelebihan dari produk tersebut. Jelaskan mengapa pengguna harus membeli produk Anda dan masalah apa yang dapat diselesaikan dengan menggunakan produk Anda?

Pembaca tidak akan repot-repot membaca detail produk dan spesifikasi apabila mereka tidak merasa produk tersebut bermanfaat atau menyelesaikan masalah mereka. Oleh karena itu, selalu tonjolkan manfaat sebelum menuliskan detail produk.

Apabila Anda sudah terbiasa melakukan kelima hal ini pada saat membuat iklan online, maka iklan yang Anda pasarkan akan lebih efektif dibandingkan dengan sebelumnya.

Namun apabila Anda merasa kesulitan pada saat melakukan langkah-langkah di atas atau tidak ingin repot-repot mengurusi iklan online, kami dapat membantu Anda untuk membuat iklan online yang efektif. Untuk penjelasan lebih lengkap dapat Anda baca di sini.

admin-dsc