5 Manfaat Booklet bagi Pelaku Usaha di Zaman Digital Marketing

Zaman sekarang banyak pemilik usaha yang menggunakan digital marketing untuk memasarkan usaha mereka. Meski kami juga merekomendasikan digital marketing sebagai salah satu media marketing untuk memasarkan usaha anda, namun tidak semata-mata penggunaan booklet harus dihentikan karena manfaat booklet masih bisa anda rasakan.

Meski terkesan kurang modern dan membutuhkan banyak usaha, baik dari sisi produksi maupun distribusi, namun apabila dapat dikelola dengan baik, booklet bisa menjadi media marketing yang powerful. Apalagi booklet bisa dibagikan dalam bentuk cetak maupun digital.

Memangnya apa saja keunggulan dari booklet? Dan mengapa pelaku usaha harus tetap menggunakan booklet?

Produksi booklet dapat disesuaikan dengan budget

Youtube/Graphix Planet

Anda dapat memproduksi booklet berdasarkan budget yang anda miliki. Apabila alokasi biaya untuk produksi tidak terlalu besar, maka anda dapat mengalihkannya menjadi booklet digital. Namun jika anda memiliki budget yang cukup, maka bisa memproduksi booklet cetak.

Penyebaran booklet fleksibel

flipbuilder.com

Anda dapat menyesuaikan penyebaran booklet berdasarkan strategi yang anda inginkan. Misal untuk sehari-hari anda menyebarkan booklet digital secara online melalui website anda, sedangkan ketika menghadiri seminar atau pameran anda membagikan booklet cetak kepada peserta seminar atau pameran tersebut.

Informatif namun tetap ekspresif

teridibbits.ca

Berbeda dengan brosur yang ukurannya terbatas sehingga tidak semua informasi dapat tersampaikan dengan baik. Dengan menggunakan booklet, anda dapat mencantumkan gambar produk dan melampirkan penjelasan mengenai produk tersebut dengan lebih detail. Bahkan anda dapat memasukkan informasi tambahan berupa infografis mengenai usaha anda supaya lebih menarik minat calon pembeli.

Mudah dibawa-bawa

bdprint.net

Ukuran dari booklet cetak yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu tebal membuatnya mudah untuk dilipat dan dimasukkan ke saku celana atau tas berukuran kecil. Sedangkan untuk booklet digital, bisa dibuat menjadi format pdf sehingga bisa dibaca melalui smartphone atau tablet.

Cocok untuk segala jenis usaha

colourdigitalprint.com

Ada sebagian orang yang berkata bahwa booklet cocok untuk jenis usaha yang memiliki banyak produk. Sedangkan bagi usaha yang tidak memiliki cukup banyak produk, penggunaan booklet kurang efisien. Namun sebenarnya hal ini bisa anda siasati dengan membuat gabungan antara booklet company profile dan produk. Sehingga informasi yang terdapat pada booklet lebih padat dan tetap informatif.

Hal ini disebabkan karena booklet memuat banyak informasi tapi tetap mengedepankan aspek visual, mudah untuk dibawa-bawa, dan tidak begitu makan tempat. Sehingga pembaca bisa mendapatkan gambaran yang pas mengenai produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha dan disertai dengan penjelasan mengenai produk tersebut.

admin-dsc