Yuk, Membahas Pengenalan Singkat Cara Iklan di Instagram

Sampai dengan bulan Oktober 2018, Indonesia menempati peringkat keempat dalam daftar jumlah pengguna Instagram terbanyak di seluruh dunia dengan 59 juta pengguna. Prestasi yang cukup membanggakan, ya. Entah akun kloningan masuk hitungan atau nggak, yang jelas jumlah sebesar ini merupakan target pasar yang cukup potensial buat pemilik usaha. Terlebih kalau anda sudah memahami seluk-beluk dan cara iklan di Instagram.

Statista

Tapi kalau anda masih meraba-raba konsep dan cara iklan di Instagram, kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai iklan di Instagram atau biasa disebut dengan Instagram Ads. Sebenarnya konsep dari iklan di Instagram mirip seperti iklan di Facebook, hanya berbeda platform saja.

Bentuknya juga disisipkan di lini masa anda dan tampilannya mirip seperti postingan biasa pada umumnya. Yang membedakan adalah adanya tulisan Sponsored di bawah nama dan tombol CTA (Call to Action) di bagian bawah. Tombol CTA ini jenisnya bermacam-macam, ada Learn More, Watch More, Shop Now, Book Now, Sign Up, dan Contact Us. Tergantung tujuan dari si pengiklan.

Screenshot taken by Ryz/Disconfis

Oke, tertarik nih. Lalu bagaimana memulai cara iklan di Instagram?

Anda dapat mulai beriklan langsung dari Instagram atau menggunakan Facebook Ads Manager. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara iklan langsung lewat Instagram. Untuk pembahasan mengenai cara iklan di Instagram, baik post atau story, akan kami jelaskan pada kesempatan yang lain.

Pindah ke akun bisnis

Pertama-tama, pastikan akun Instagram anda sudah menjadi akun bisnis. Caranya tinggal masuk aja ke Settings, dan scroll ke bawah sampai menemukan Switch to Business Account. Pastikan anda sudah mempunyai page Facebook khusus bisnis, karena nanti Instagram akan meminta anda untuk menyambungkan page Facebook dengan akun Instagram bisnis anda.

Pilih postingan yang akan dijadikan sebagai iklan

Masuk ke profil dan pilih post yang ingin kamu promosikan. Kemudian tap tombol Promote.

Pilih tujuan dan CTA anda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada 6 pilihan tombol CTA yang dapat anda pilih. Sesuaikan saja dengan kebutuhan anda dan isi data yang diperlukan.

Social Media Examiner

Apakah anda ingin pengguna mengunjungi website anda? Gunakan Learn More.

Apakah anda ingin pengguna berbelanja di olshop anda? Gunakan Shop Now.

Apakah anda ingin pengguna menghubungi anda terkait bisnis anda? Gunakan Contact Us.

Tentukan target audience

Masih di menu Create Promotion, yang anda lakukan sekarang adalah menentukan audience atau orang yang akan melihat iklan anda. Anda dapat memilih Automatic kalau masih bingung. Nantinya Instagram akan membuat target audience untuk anda. Tapi anda juga bisa bereksperimen dan mencoba memilih sendiri target anda.

Social Media Examiner

Nah, penentuan target secara manual ini adalah tahapan yang paling krusial pada saat beriklan. Apabila anda salah memilih interest dari target audience, maka hal ini bisa membuat biaya iklan anda lenyap begitu saja tanpa menghasilkan apapun.

Kalau anda tidak yakin, pilih saja yang Automatic atau meminta bantuan kepada kami untuk membantu menentukan target audience yang tepat untuk anda.

Tentukan Budget & Duration

Langkah selanjutnya adalah menentukan durasi iklan anda tampil dan biaya yang harus dikeluarkan. Untuk pembayarannya anda dapat menggunakan kartu kredit, debit atau transfer bank.

Setelah memilih biaya dan durasi, maka anda tinggal tap tombol Submit untuk mulai beriklan. Nantinya hasil iklan anda dapat dilihat melalui tombol View Insight yang ada di postingan iklan anda.

Mungkin itu dulu yang bisa kami bahas mengenai cara iklan di instagram. Kalau ada yang ditanyakan, langsung hubungi kami via WA ke 087772727070 atau email ke admin@disconfis.com.

admin-dsc