Tutorial Pembuatan Website Toko Online (Online Shop)

Meluasnya jaringan internet membuat siapa saja bisa dengan mudah melakukan apa yang mereka inginkan. Salah satunya adalah para wirausaha yang ingin melebarkan bisnisnya dengan membuat toko online untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Hal ini disebabkan karena toko online mempunyai banyak kelebihan, beberapa diantaranya adalah bisa menjangkau calon pembeli dari mana saja, tidak perlu mencari tempat yang strategis, bisa menampilkan barang sebanyak yang kamu inginkan, dan siapa saja, bahkan pemula, bisa membuat toko online sendiri.

Pixabay

Memangnya semudah apa sih proses pembuatan toko online? Ini dia cara-caranya.

1. Merancang konsep dan menentukan nama toko online

Hal yang harus anda lakukan pertama kali sebelum mulai membuat toko online adalah menentukan konsep dan nama toko online. Mengapa nggak langsung buat dulu aja? Apabila konsep dan nama sudah matang, maka eksekusi langkah selanjutnya akan lebih cepat dan mudah. Konsep ini bisa berasal dari banyak hal, entah itu kategori produk yang dijual, cara pembayaran, atau cara pemesanan.

Misal, kalau ingin menjual produk skin care, anda bisa menggunakan konsep girly atau feminim. Kalau anda ingin membuat toko online yang melayani pembelian melalui pre-order dari negara tertentu, bisa menggunakan konsep negara tersebut.

2. Membeli domain dan hosting

Sebelum membahas tentang domain dan hosting, apakah anda sudah tahu perbedaan dari dua hal tersebut? Buat yang belum tahu, analoginya kira-kira seperti ini,

Domain = alamat rumah anda yang digunakan sebagai identitas. Sifat dari domain adalah unik, yaitu tidak ada alamat domain yang sama antar website.

Hosting = bangunan fisik dari rumah anda. Anda dapat menentukan seberapa besar ukurannya, seberapa banyak pintu/akses masuk, dan seberapa banyak obyek yang ada di dalamnya.

Sebisa mungkin gunakan nama yang anda pilih pada langkah sebelumnya sebagai bagian dari domain anda. Contohnya seperti website Disconfis ini yang menggunakan disconfis.com sebagai alamat domain. Penggunaan domain seperti ini juga bisa berperan sebagai media branding kepada calon konsumen. Untuk memeriksa apakah domain yang anda inginkan masih tersedia atau tidak, coba cek domain di sini.

Sedangkan untuk hosting, anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Seberapa besar kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan? Seberapa cepat server pada saat akan mengakses website? Biasanya para pemula akan kebingungan dalam menentukan paket yang sesuai dengan kebutuhan toko online mereka.

Akan tetapi, apabila anda menggunakan jasa kami, anda bisa berkonsultasi mengenai paket hosting yang sesuai sebelum memutuskan untuk membelinya. Anda juga bisa membeli paket domain+hosting sehingga proses transaksi hanya dilakukan sekali. Atau kalau nggak ingin ribet, anda bisa membeli paket website toko online. Selesai bayar, tinggal ngopi, beres deh websitenya.

3. Melakukan instalasi website

Nama dan konsep sudah jelas, domain dan hosting sudah tersedia, setelah itu yang harus anda lakukan adalah melakukan instalasi website. Ada dua cara yang dapat anda pilih dalam melakukan instalasi website.

Cara pertama (Simple)

Serahkan kepada penyedia layanan untuk melakukan instalasi dan pengaturan toko online anda. Done. Anda dapat menggunakan cara ini apabila melakukan pembelian paket website toko online di sini.

Cara kedua (Pro)

Kalau anda memilih untuk membeli hosting dan domain di Pandawa Host (Disconfis Group), maka anda harus melakukan instalasi manual. Untuk website yang sudah anda bangun sendiri di local, tinggal buat database dan masukkan filenya ke hosting.

Tapi untuk instalasi CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, atau CMS yang lain, terkadang cara instalasinya berbeda-beda. Anda bisa mengunjungi situs resmi mereka untuk petunjuk instalasi. Nantinya kalau ada masalah pada saat instalasi, bisa anda diskusikan dengan penyedia hosting anda.

4. Kustomisasi tampilan website

Konsep yang anda rancang akan digunakan pada langkah ini karena anda tinggal menyesuaikan berbagai pilihan tema website dengan konsep anda. Pilih lah tema yang paling sesuai dengan konsep yang anda rancang. Anda dapat menggunakan tema gratis atau yang berbayar, dimana masing-masing pilihan ada keunggulan dan kekurangannya.

Keunggulan tema berbayar adalah banyaknya pilihan, fitur-fitur ekslusif yang tidak anda dapatkan di tema gratis, dan dukungan konsultasi (biasanya lifetime) dengan pembuat tema. Keuntungan dari tema gratis, anda bisa menggunakannya dengan gratis. Ya itu saja sih, apa lagi?

5. Finishing

Setelah semua sudah dilakukan, maka langkah terakhir adalah memasukkan barang-barang jualan anda ke dalam website. Selain itu, pastikan semua tautan sudah terhubung, semua gambar sudah muncul, kecepatan akses sesuai dengan paket yang dipilih, dan proses transaksi di toko anda berjalan dengan lancar.

Pixabay

Itu dia 5 langkah membuat website toko online. Memang nggak gampang banget, kecuali kalau kamu pilih paket toko online. Namun nggak serumit yang kamu bayangkan sebelumnya, kan? Selama ada akses internet, semua orang bisa melakukannya, kok.

admin-dsc